Selasa, 03 Maret 2015

PELUANG BISNIS ONLINE

| |
  KARYA ILMIAH LINGKUNGAN BISNIS

                            
            
                                                               Disusun Oleh :
                      Nama  :Faisal Achmad Dwi Cahyono
                      Kelas  : 14. S1. TI 04
                      NIM   : 14. 11.7868


                           SEMESTER GENAP TAHUN 2014/2015






A.   ABSTRAK
                      Setiap hari teknologi semakin berkembang. Salah satu teknologi yang cepat berkembang adalah Teknologi Informasi dan Komunikasi. Dari akibat berkembangnya teknologi inilah dunia seperti tidak ada batasan nya. Pada abad ke-21 diseluruh dunia termasuk di Indonesia sendiri sudah mulai banyak pengguna alat komunikasi elektronik, dan rata-rata mereka semua memiliki jaringan sosial setidaknya satu, contohnya saja pada internet, yaitu facebook. Dimana seseorang bisa menjelajah ke seluruh dunia hanya di depan monitor / komputer. Teknologi Internet inilah yang merupakan sumber utama terhubungnya antara kota satu dengan kota lain nya, pulau satu dengan yang lain nya , bahkan negara satu dengan negara lain nya. 
Dengan adanya Internet maka timbul transaksi antar negara secara online. Jadi semua orang yang berinteraksi dengan Internet memiliki Peluang Bisnis terbesar dibandingkan dengan orang yang berbisnis di luar jangkauan Internet. Hal seperti ini juga dapat menguntungkan 2 belah pihak, karena pembeli tidak perlu repot- repot datang ketoko untuk melihat dan membeli apa yang mereka cari. Karena dengan adanya online shop mereka hanya tinggal melihat barang yang diinginkan di internet kemudian  memesan barang pilihan dan mentransfer uangnya. Hal inilah yang melatarbelakangi Peluang Bisnis yang saya tulis, yaitu Peluang Bisnis secara online atau sering disebut dengan online shop.
  
B.   ISI
Peluang Usaha/bisnis adalah kesempatan yang pasti bisa didapatkan
seseorang atau lebih dengan mengandalkan potensi diri yang ada dan dengan memanfaatkan berbagai kesempatan baik itu peluang usaha apa saja, yang bisa dengan sigap kita ambil. Salah satu peluang usaha/bisnis yang marak terjadi dipasar internet adalah berjualan secara online atau yang lebih sering di kenal dengan “Online Shop”. Peluang bisnis yang terbilang cukup mudah dan murah untuk dijalankan ini mampu memberikan keuntungan besar bagi para pelaku usahanya. Mulai dari berjualan barang maupun menawarkan jasa melalui toko online, hingga membantu penawaran produk sebagai reseller maupun affiliate banyak diminati para pencari usaha.
            Pada peluang bisnis online shop ini, memiliki beberapa cara atau syarat agar bisnis online yang sedang atau yang akan dijalankan sesuai target pemasaran atau mendapatkan keuntungan sesuai dengan harapan. Berikut adalah 5 tips untuk meningkatkan traffic pengunjung online shopmu :
1.       Nama dan deskripsi Online Shop
Hal ini merupakan hal yang paling dasar dan paling penting untuk menentukan tingkat traffic pengunjung online shop milikmu, karena nama dan deskripsi milikmulah yang akan muncul di "Search Engine". Pastikan kamu memiliki nama termasuk kata kunci yang tepat agar online shopmu dapat ditemukan dengan mudah melalui "Search Engine".
2.      Online Survei
Lakukan Online Survei untuk mengetahui keadaan pasar yang ada dan mendapatkan feedback dari orang lain. Hal ini sangatlah penting untuk dapat memperbaiki kekurangan atau menambah kelebihan online shop milikmu.
3.      Promosi
Gunakan dan lakukan promosi produkmu di forum - forum atau gunakan "online marketing tools" seperti adwords, facebook ads, dan lain - lain. Apabila kamu ingin mempromosikan produk milikmu di forum - forum, disarankan untuk tidak langsung menaruh link online shopmu dan meninggalkan forum, karena dapat menyebabkan kamu di ban dari forum itu. Namun, kamu dapat memulai dengan cara berinteraksi dengan para pengguna forum yang lain dan membantu mereka, seiring dengan meningkatnya reputasi kamu, mulailah perlahan - lahan untuk mempromosikan online shop milikmu.
  
4.      Deskripsi yang baik untuk produk dan servis milikmu
Apabila kamu mendirikan sebuah toko baru atau telah memiliki online shop, pastikan kamu menggunakan kata kunci ( keywords ) yang tepat sehingga orang - orang yang menggunakan "Search Engine" dapat menemukan produk dan servis milikmu. Hal ini sangatlah penting karena kata kunci ( keywords ) sangat berpengaruh untuk menentukan tingkat traffic pengunjung online shop milikmu.
5.      Mulai menggunakan "Social Media"
"Social media" telah memberikan sebuah dampak yang besar dimana "Social Media" merupakan salah satu cara lain untuk berhubungan antara pemilik toko dengan pembeli selain melalui website. Berikut merupakan 5 jenis "Social Media" yang dapat kamu pertimbangkan untuk meningkatkan traffic pengunjung di Online Shop milikmu: Facebook, Twitter, Youtube, LinkedIn dan Blogs.

Bisnis online atau disebut juga bisnis internet ini adalah salah satu bentuk usaha yang medianya memakai akses internet. Sebagai satu bentuk bisnis yang mempergunakan dunia maya, bisnis ini mulai banyak digandrungi oleh banyak pengguna internet. Oleh karena itu, didalam online shop juga memiliki beberapa kerugian dan juga keuntungan yang akan didapatkan, diantaranya yaitu :
·         Kerugian
1.      Barang tidak sampai pada pembeli
2.      Tergantung pada jaringan
3.      Pembatalan pembelian
4.      Barang tidak sesuai keinginan
5.      Barang rusak saat pengiriman
6.      Sulitnya membangun kepercayaan kepada customer, dll
·         Keuntungan
1.      Bisa melakukan penipuan harga
2.      Banyak peminat
3.       Bisa menjual kemana saja
4.       Keuntungan yang diperoleh banyak
5.      Biaya Murah
6.      Tidak perlu mempunyai toko
7.      Waktu kerja bisnis online tidak terbatas, dll
Kesimpulan :Bahwa berbisnis online itu mudah, akan tetapi didalam bisnis ini banyak sekali persaingan yang bisa membuat kerugian dan keuntungan tersendiri.

C.     REFERENSI

   Sumber :

          http://www.bundainbiz.com/tag/artikel-tentang-online-shop

          http://fachrinarumodar.blogspot.com/2014/03/karya-ilmiah-lingkungan-bisnis-peluang.html

0 komentar:

Posting Komentar

 
DG Fashion © 2011 | All Rights Reserved | About | Privacy Policy | Contact | Sitemap